Breaking News

Indonesia

Pengetahuan

Teknologi

Jepang

Minggu, 06 Maret 2016

RUTE-RUTE JALAN NASIONAL DI PULAU JAWA

RUTE-RUTE JALAN NASIONAL


RUTE 1

Rute 1 adalah jalan utama di pulau Jawa yang lebih dikenal dengan nama jalur pantura. Jalan ini melewati 5 provinsi sepanjang pantai utara Jawa, yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rute ini menghubungkan dua pelabuhan penyeberangan yaitu Merak di ujung Barat pulau jawa dan Ketapang di ujung Timur pulau Jawa. Merak merupakan pelabuhan penyeberangan menuju Sumatera sementara Ketapang merupakan pelabuhan penyeberangan menuju Bali.

Rutenya yaitu Merak – Cilegon – Serang – Tangerang – Jakarta - Bekasi – Tambun - Cikarang - Karawang – Klari - Kosambi - Dawuan - Cikampek – Sukamandi - Pamanukan – Kandanghaur - Lohbener – Jatibarang - Palimanan – Weru - Cirebon – Losari - Tanjung - Pejagan - Brebes - Tegal – Pemalang - Pekalongan – Batang - Weleri - Kendal - Semarang – Demak - Trengguli - Kudus – Pati - Rembang – Bulu - Tuban – Widang - Babat – Lamongan - Gresik – Surabaya – Waru - Sidoarjo – Porong - Gempol - Bangil - Pasuruan – Nguling - Probolinggo – Paiton - Besuki - Panarukan - Situbondo – Bajulmati - Ketapang



RUTE 2

Rute 2 merupakan jalan nasional yang menghubungkan Jakarta di Utara dengan Cibadak, Sukabumi di Selatan. Rute ini terhubung dengan Nasional 1 Jalan Nasional Rute 1 di Jakarta dan Nasional 3 Jalan Nasional Rute 3 di Cibadak.
Pada Rute ini juga terdapat Jalan Tol yaitu Jalan Tol Jagorawi.

Rutenya yaitu Jakarta - Bogor - Ciawi - Benda - Cicurug - Parungkuda - Cibadak




RUTE 3

Jalan Nasional Rute 3 adalah jalan arteri nasional yang menghubungkan Cilegon dengan Ketapang. Jalan Rute 3 biasa disebut jalur selatan jawa karena melintasi kota-kota di wilayah selatan jawa. Rute ini melewati lima provinsi : Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.
Selain jalan arteri, di rute ini juga terdapat jalan tol antara lain:
1.      Jalan Tol Cikampek-Palimanan.
2.      Jalan Tol Palimanan-Kanci.
3.      Jalan Tol CIkampek-Purwakarta-Padalarang.
4.      Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.


Banten
Cilegon– Anyer – Carita – Labuhan - Simpang Labuhan - Cibaliung - Malingping - Bayah - Cibarenok

Jawa Barat
Cisolok - Pelabuhan Ratu - Bagbagan - Cikembang - Cibadak - Cisaat - Sukabumi – Gekbrong - Cianjur – Citarum - Rajamandala - Padalarang – Bandung – Cileunyi – Nagrek – Limbangan - Malangbong – Rajapolah – Ancol – Ciawi – Ciamis

Jawa Tengah
Majenang – Karangpucung - Wangon – Rawalo - Sampang - Buntu – Kebumen – Prembun - Kutoarjo - Purworejo – Karangnongko

Yogyakarta
Temon – Wates – Milir - Sentolo - Yogyakarta – Piyungan - Gading - Wonosari – Semanu

Jawa Tengah
Pracimantoro

Jawa Timur
Pacitan – Panggul – Dongko - Trenggalek – Tulungagung – Blitar – Wlingi - Kepanjen – Gondanglegi – Dampit - Lumajang – Wonorejo – Tanggul - Rambipuji – Jember – Mayang - Sumberjati - Genteng - Wonorekso - Rogojampi - Banyuwangi – Ketapang

RUTE 4

Jalan Nasional Rute 4 adalah Jalan Nasional yang terbentang dari Cikampek sampai Bandung tepatnya di Padalarang. Jalan ini merupakan jalan utama untuk lalu lintas jalan Bandung-Jakarta. Pada Rute ini terdapat sebuah Jalan Tol yaitu Jalan Tol Cipularang.

Rutenya yaitu Cikampek - Cikopo - Sadang - Purwakarta - Plered - Cikalongwetan - Padalarang



RUTE 5

Jalan Nasional Rute 5 merupakan jalan utama yang menghubungkan Bandung tepat di Cileunyi dengan Cirebon tepatnya di Palimanan.

Rutenya yaitu Cileunyi - Jatinangor - Sumedang - Cijelag - Kadipaten - Jatiwangi – Palimanan



RUTE 6

Jalan Nasional Rute 6 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Tegal di utara dengan Cilacap. Jalan ini menjadi rute utama lalu lintas dari jalur pantura menuju wilayah tengah dan selatan jawa tengah.

Rutenya yaitu Tegal - Slawi - Prupuk - Bumiayu - Ajibarang - Wangon Gumilir – Cilacap



RUTE 7

Jalan Nasional Rute 7 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Lohbener di barat dengan Cirebon di timur. Rute ini berbeda dengan Rute 1 yang juga menghubungkan Lohbener dengan Cirebon. Pada Rute ini tidak melewati pantura melainkan melewati kota Indramayu.

Rutenya yaitu Indramayu - Karangampel - Gunungjati - Cirebon



RUTE 8

Jalan Nasional Rute 8 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Purwokerto di utara dengan Gumilir di selatan.Rute ini juga melewati sebagian jalur Nasional 3 Rute 3 yaitu antara Rawalo dan Sampang.

Rutenya yaitu Purwokerto - Patikraja - Rawalo - Nasional 3 Rute 3 - Sampang - Maos - Kesugihan - Slarang – Gumilir


RUTE 9

Jalan Nasional Rute 9 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Ajibarang di barat dengan Secang di timur. Rute ini merupakan rute tengah yang melewati pegunungan dieng.

Rutenya yaitu Ajibarang - Purwokerto - Sokaraja - Kaliori - Banyumas - Klampok - Banjarnegara - Selokromo - Wonosobo - Krektek - Parakan - Pertigaan Bulu - Kedu - Temanggung - Kranggan – Secang



RUTE 10

Jalan Nasional Rute 10 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Banyumas di utara dengan Buntu di selatan. Rute ini merupakan rute yang menghubungkan (Nasional 9) Jalan Nasional Rute 9 dengan (Nasional 3) Jalan Nasional Rute 3

Rutenya yaitu Banyumas - Buntu



RUTE 11

Jalan Nasional Rute 11 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Simpang Labuhan di barat dengan Cianjur di timur. Rute ini melewati wilayah tengah Banten, jalan ini menjadi akses utama selain Jalan Nasional Rute 3 untuk transportasi dari Banten menuju Bandung. Pada jalur Bogor - Ciawi, rute ini juga menggunakan jalan yang sama dengan Jalan Nasional Rute 2.

Rutenya yaitu Simpang Labuhan - Saketi - Pandeglang - Rangkasbitung - Cigelung - Jasinga - Leuwiliang - Bogor - Ciawi - Cisarua - Cipanas - Puncak - Cianjur



RUTE 12



Jalan Nasional Rute 12 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Jakarta di utara dengan Bogor di selatan. Rute ini merupakan rute selain Jalan Nasional Rute 2 yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor. Rute ini menghubungkan Jakarta menuju Bogor melewati Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Rutenya yaitu Jakarta - Ciputat - Sawangan - Parung - Kemang - Bogor



RUTE 13

Jalan Nasional Rute 13 adalah jalan utama di pulau jawa yang sejajar dengan Jalan Nasional Rute 1 pada Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono yang menghubungkan Tanjung Priok dengan Cawang.

Rutenya yaitu Tanjung Priok - Sunter - Kelapa Gading - Cempaka Putih - Jatinegara – Cawang



RUTE 14

Jalan Nasional Rute 14 adalah jalan arteri nasional di dari Semarang di Utara dan berakhir di Kota Yogyakarta di Selatan. Jalan ini melintasi pegunungan Merapi dan Merbabu di Timur dan Sungai Sumbing di Barat.

Rutenya yaitu Semarang – Ungaran – Bawen – Pringsurat – Secang – Magelang – Keprekan - Muntilan – Salam - Sleman – Yogyakarta



RUTE 15

Jalan Nasional Rute 15 adalah jalan utama di pulau Jawa yang melewati 3 provinsi, yaitu Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rutenya yaitu Yogyakarta – Prambanan – Klaten – Kartosuro – Surakarta - Palur – Sragen - Mantingan - Ngawi – Caruban - Nganjuk - Kertosono - Jombang – Mojokerto - Mlirip – By Pass Krian - Taman – Waru



RUTE 16

Jalan Nasional Rute 16 adalah jalan nasional di pulau Jawa yang menghubungkan Bawen di utara menuju Kartosuro di selatan. Jalan ini merupakan jalan penghubung utama Semarang - Solo. Jalan ini juga sejajar dengan rencana Jalan Tol Semarang-Solo seksi 3, 4 ,dan 5.

Rutenya yaitu Bawen – Salatiga – Boyolali – Kartosuro



RUTE 17

Jalan Nasional Rute 17 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Tuban dengan Gresik.

Rutenya yaitu Tuban – Paciran – Sedayu – Gresik



RUTE 18

Jalan Nasional Rute 18 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Kota Banjar dengan Pangandaran


Rutenya yaitu Banjar – Kalipucang – Pangandaran



RUTE 19

Jalan Nasional Rute 19 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Merak dengan Serdang, Serang menyusuri pantai utara Banten.

Rutenya yaitu Merak – Suralaya – Bojonegara – Serdang



RUTE 20

Jalan Nasional Rute 20 adalah jalan arteri nasional di Jawa Timur. Jalan ini melintasi empat kabupaten.


Rutenya yaitu Babat – Bojonegoro – Cepu - Padangan – Ngawi – Maospati – Madiun – Caruban



RUTE 21

Jalan Nasional Rute 21 adalah jalan utama di pulau Madura, Jawa Timur.

Rutenya yaitu Kamal – Bangkalan – Torjun – Sampang – Pamekasan - Sumenep – Kalianget



RUTE 22

Jalan Nasional Rute 22 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Kertosono dengan Tulungagung

Rutenya yaitu Kertosono - Kediri – Ngantru – Tulungagung



RUTE 23

Jalan Nasional Rute 23 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Gempol dengan Kepanjen. Jalan ini juga sejajar dengan Jalan Tol Gempol-Pandaan yang akan dioperasikan oleh PT Jasa Marga Pandaan Tol.

Rutenya yaitu Gempol – Pandaan – Purwosari – Purwodadi – Lawang - Singosari – Malang – Kepanjen



RUTE 24

Jalan Nasional Rute 24 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Mojokerto dengan Gempol

Rutenya yaitu Mojokerto - Mojosari – Gempol



RUTE 25

Jalan Nasional Rute 25 adalah jalan utama di pulau Jawa yang menghubungkan Probolinggo dengan Wonorejo.


Rutenya yaitu Probolinggo - Ranuyoso - Klakah - Grobogan – Wonorejo











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RiYan 聖人 - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger